RSS
When someone shares something of value with you and you benefit from it, you have a moral obligation to share it with others...

e-Commerce

Saat melihat status yang ada di group yang anggotanya sedang galau karena proposal skripsi, beberapa diantaranya ada kajian tentang toko online. Dzaky tidak tahu, ditinjau dari produk yang dijual, apakah layak atau tidak untuk dibuat toko online, yang pasti setelah Dzaky bertanya sama Ayah, ada beberapa hal yang Dzaky bisa petik dari apa yang ayah uraikan baik dari sisi user, sistem dan manajemen.

Masalah Pembayaran
Kalau memang mau online, ya.. sekalian saja melibatkan Online payment processors dan untuk keperluan tersebut sudah tersedia layanan atau service dari beberapa payment processor.

Masalah Pengantaran
Kalau memang mau online, ya... sekalian saja melibatkan beberapa layanan yang disediakan untuk pengantaran atau pengiriman barang, dan sudah tersedia layanan atau service dari Shipping carriers tesebut

Untuk keperluan sistem, maka beberapa konfigurasi harus diatur dan mungkin melibatkan beberapa layanan atau service.

e-Mail
Kalau memang mau online, ya... salah satu identitas pelanggan adalah alamat emailnya, jadi sekalian saja libatkan service atau layanan dari mail server

Konfigurasi
Konfigurasi toko seperti alamat lengkap (negara, propinsi, kabupaten, kota, nama dan nomor jalan, kode pos bahkan lebih spesifik, ya... sekalian saja melibatkan layanan atau service yang telah ada seperti peta lokasi. Pengaturan lain seperti pajak, unit satuan dan satuan mata uang.

Kalau memang mau online, ya... informasi produk seharusnya cukup jelas seperti atribut dari produk selain mekanisme pembayaran dan pengantarannya, termasuk beberapa service atau layanan yang berkaitan dengan produk.

Kalau memang mau online, ya... sekalian saja dalam beberapa bahasa, sehingga tujuan dari pembuatan toko online yaitu untuk memperluas pangsa pasar (ke seluruh dunia maya :D ) bisa tercapai.

User
Jika mau online, ya... seharusnya disediakan layanan untuk melihat detail pelanggan, pengelolaan pelanggan, meninjau pesanan dan mengelola status pesanan.

Lainnya
Keamanan dan kenyamanan ketika berbelanja adalah hal yang penting, untuk itu harus disediakan layanan keamanan termasuk kenyamanan ketika menggunakan sistem itu sendiri.

Dari sisi manajemen, maka tidak kalah pentingnya laporan, bentuk atau format laporan serta isi dari laporan itu sendiri termasuk On Deman Report dan layanan yang memungkinkan data bisa di eksport atau diimport.

Bottom Line

Pertimbangkan semua aspek yang dibutuhkan atau diinginkan dari user dan pihak manajemen. Semua layanan sebagian besar telah tersedia, anda cukup putar kunci, tekan stater dan putar tuas gas, maka motor matic andapun akan melaju dengan mudahnya :D